4 Cara Membuat Konten Artikel yang Dicari Pembaca

4 Cara Membuat Konten Artikel yang Dicari Pembaca

Banyak orang mengatakan bila membuat konten artikel yang menarik perhatian untuk dibaca begitu sulit. Padahal, kita sendiri tidak sulit mencari konten-konten yang menarik di media berita. Mungkin Anda ingat konten-konten tulisan dengan tema kesehatan, terutama berkaitan dengan Covid-19.

Pembaca begitu mencari konten-konten tersebut untuk dijadikan sebagai acuan penambah informasi. Bagaikan virus, postingan-postingan tulisan baik bernada positif atau negatif terus menerus menyebar. Pada dasarnya, tema apa saja mempunyai potensi yang menarik untuk diketahui pembaca. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat artikel menarik.

Artikel yang dibuat tentu saja harus layak di share, agar pembaca dengan senang hati mau menyebarkan, buat tulisan yang layak share. Tulisan ini bisa seperti artikel yang bermanfaat, kabar yang masih hangat, hingga tulisan yang menyentuh sisi emosional seseorang. Jenis tulisan juga bisa disesuaikan dengan target pembaca.

Selain itu tulisan artikel harus mudah dipahami. Tak hanya pembahasannya saja yang harus sesuai, namun teknis dari tulisan juga memiliki peran sangat penting. Konten menarik biasanya mempergunakan bahasa yang tidak sulit dipahami target. Jangan menggunakan kata-kata sulit. Namun, menulis konten tersebut tentu saja tidak mudah. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Buat Pembaca Menjadi Terinspirasi

Ketika membuat konten artikel, Anda bisa lebih membangkitkan emosi pembaca sehingga mereka lebih merasa terinspirasi. Beberapa waktu belakangan ini, sebuah riset dilakukan oleh New York Times pada 2500 responden. Mereka menuturkan bila alasan membagikan konten adalah untuk menyampaikan hal menginspirasi.

Selain itu, konten dibagikan karena bisa menumbuhkan hubungan dengan orang lain hingga menunjukkan kepedulian. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat tulisan lebih humanis serta menyentuh sebuah permasalahan sedang dihadapi pengguna internet. Pergunakan hal-hal menyentuh emosi.

Selalu Mengikuti Isue yang Berkembang

Kita tidak bisa menjadi lebih maju bila tidak mau belajar hal baru. Begitu pula saat membuat artikel. Agar dapat membuat konten menarik dan terus menerus diikuti pembaca, Anda harus mencari hal populer bahkan menjadi tranding topic di sosial media. Anda dapat mengambil keuntungan dari hal ini.

Usik emosi pembaca dan gali, apa sebenarnya mereka inginkan dari sebuah konten, kemudian kreasikan dengan tulisan baru dan ikut bergabung untuk memviralkannya. Cara ini akan membuat konten Anda juga menjadi perhatian. Dibandingkan dengan mengangkat isue yang belum tentu digemari pembaca, lebih baik mengikuti isue sudah ada.

Hindari Copy Paste

Membuat konten artikel memang tidak semudah dibayangkan, apalagi untuk penulis artikel baru. Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti Anda bisa melakukan copy paste tulisan orang lain. Alih-alih memperoleh materi menarik, hal ini malah bisa menjadi boomerang untuk website yang sedang dibangun.

Selain tulisan copy paste tersebut telah dibaca sebelumnya oleh pembaca, mesin pencari dapat memindainya sebagai plagiat, dan akhirnya website Anda memperoleh nilai SEO buruk. Jangan sampai hanya karena satu kesalahan kecil, upaya SEO sudah Anda lakukan selama bertahun-tahun hilang begitu saja.

Perhatikan Jumlah Karakter Artikel

Konsumsi internet beberapa waktu ini memang lebih banyak menggunakan ponsel, sehingga pegiat konten lebih memilih artikel singkat. Padahal nyatanya, artikel dengan ulasan panjang malah justru lebih disukai. Kuncinya, buat artikel dengan penjelasan sejelas mungkin dan bahasa sebaik mungkin.

Bila dalam perjalanan pembuatan konten, mungkin Anda belum bisa memperoleh banyak perhatian pembaca atau menjadi viral. Jika belum sampai pada tahap tersebut, Anda tidak perlu berkecil hati, karena akan selalu ada kesempatan di suatu saat nanti. Pelajari dengan baik apa yang membuat konten artikel Anda berhasil dan pelajari akar masalahnya.

Bajuri Joni