Berbagai Teknik Copywriting Jitu, dan Mudah Dipraktekan Pemula

Berbagai Teknik Copywriting Jitu, dan Mudah Dipraktekan Pemula

Teknik copywriting jitu memang menarik untuk dibahas. Di zaman digital seperti sekarang ini, ada berbagai macam metode yang dapat dipilih untuk memperkenalkan produk. Salah satu caranya dengan menggunakan konten. Secara umum, konten pemasaran dibagi menjadi dua yakni visual dan konten copy.

Konten visual memiliki bentuk ilustrasi, landing page dan lainnya. Namun untuk jenis copy lebih condong pada kalimat atau kata yang dipergunakan untuk menguatkan pesan bagi para pembaca. Inilah mengapa banyak platform menggunakan konten ini, karena konten tersebut memiliki peran penting.

Untuk aspek copy, konten pemasaran lebih sering disebut dengan copywriting. Inti dari copywriting ini ialah tulisan yang mengandung bahasa marketing. Tujuan utama dari dibuatnya tulisan ini tentu saja untuk meningkatkan penjualan produk. Inilah alasan mengapa banyak teknik konten copy dapat diterapkan.

Sayangnya, bagi pemula untuk membuat konten copywriting tidak semudah seperti kelihatannya. Lebih-lebih jenis artikel ini berbeda dari artikel biasa dengan bentuk informatif atau sekedar persuasif. Agar lebih mudah menulis konten artikel marketing, berikut beberapa teknik pembuatan artikel marketing yang dapat Anda ikuti.

Pahami Target Audience Anda

Agar bisa menghasilkan sebuah artikel marketing tepat sasaran sekaligus efektif. Teknik copywriting jitu pertama yang harus Anda lakukan ialah melakukan riset. Anda harus memahami seperti apa tipe audience sebelum membuat tulisan produk. Nantinya, dengan menggunakan hasil riset tersebut, Anda dapat menyusun kalimat demi kalimat dengan tepat.

Sebuah artikel copywriting yang tepat harus sesuai dengan kebutuhan audience, latar belakang, bahkan pemahaman yang mereka miliki. Sehingga, mereka akan semakin tertarik membaca hingga tuntas dan mempergunakan produk yang Anda promosikan. Selain itu, dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat memperoleh hasil maksimal.

Buat Headline yang Masuk Akal dan Menarik

Manusia merupakan makhluk visual, oleh sebab itu banyak media iklan yang lebih mengandalkan warna mencolok, sehingga promosi menjadi terlihat menarik. Agar artikel marketing ini juga terlihat menarik, Anda memerlukan headline mencolok. Bila iklan hanya berupa tulisan tanpa headline, pembaca menjadi kurang fokus.

Mungkin, dalam satu atau dua baris bisa dibaca dengan baik, namun setelah itu mereka malas melanjutkan membaca karena kurang mengetahui hal apa yang sedang dibahas. Inilah fungsi dari headline. Anda bukan hanya harus membuat headline menarik menarik namun juga terikat dan berkaitan dengan seluruh isi konten.

Buat Paragraf Pertama yang Kuat

Jika sudah membaca headline, hal selanjutnya yang akan dilihat adalah paragraf pertama. Agar calon pelanggan tertarik untuk membaca seluruh isi artikel marketing Anda, gunakan paragraf utama serta lengkap dengan unsur pengikat contohnya seperti kalimat empati. Buat seolah-olah tulisan Anda ini mengerti kesulitan pembaca dan mampu menyelesaikan masalahnya.

Tak hanya mengandung empati, pada paragraf pertama, Anda juga harus memunculkan konflik, sehingga pembaca menjadi semakin tertarik. Jangan lupa Anda juga harus memperkuat topik utama dijadikan sebagai headline. Dengan cara ini, pembaca akan terus melanjutkan membaca artikel hingga selesai dan melakukan eksekusi sesuai keinginan.

Sederhanakan Artikel Anda

Tujuan dari penulisan artikel marketing bukan untuk menghilangkan atau bahkan mengurangi kualitas konten. Namun tujuan dari penulisan ini adalah penyederhanaan konten sehingga pembaca lebih mudah untuk menyerap informasi sekaligus mengetahui manfaat dari konten mereka baca. Sehingga, meskipun menyederhanakan artikel, jangan lupa tetap menonjolkan topik utama.

Membuat konten marketing memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan untuk penulis pemula membutuhkan waktu yang cukup lama ketika harus melakukan riset awal pembuatan, judul hingga isi konten. Agar lebih mudah dalam membuat konten, Anda bisa terus berlatih dan mempraktekkan teknik copywriting jitu di atas.

Bajuri Joni