Kenangan Pahit dari Munich untuk Si Setan Merah

Kenangan Pahit dari Munich untuk Si Setan Merah

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, kutipan ini nampaknya juga perlu disadari oleh para penggila bola. Jangan mengaku sebagai fans sejati suatu klub apabila anda tidak mengetahui sejarah klub yang anda gemari tersebut. Oleh karena itu di pembahasan kali ini, kita akan membahas sebuah sejarah kelam dari salah 1 klub besar di Inggris yaitu Manchester United.

Di balik kementerengan prestasi yang telah dicapai klub ini dengan 20 gelar Premier League, 12 gelar piala FA, 4 gelar piala Liga, 21 gelar Community Shield, dan 3 gelar Champions League namun ada sebuah sejarah kelam yang sempat membuat The Red Devils terpuruk.

Peristiwa ini terjadi pada 6 Februari 1958 ketika Manchester United usai melakoni laga antar klub eropa yang saat itu masih bernama Champions Cup melawan Red Star Belgrade. Laga ini berlangsung di kandang Red Star dengan hasil imbang 3-3 yang memastikan MU lolos ke semifinal karena kemenangan 2-1 di laga pertama di Old Trafford.

Petaka dimulai ketika pesawat British European Airways yang ditumpangi anak asuh Sir Matt Busby transit di bandara Munich Riem di Munich untuk mengisi bahan bakar. Kondisi cuaca pada saat itu sedang diterpa badai salju yang tentu riskan untuk penerbangan. Benar saja bahkan John Thain, sang pilot sekaliber mantan perwira AU Inggris harus mengulangi take-off hingga 2 kali karena masalah mesin.

Naasnya pada percobaan ketiga, pesawat sudah tidak mampu lagi terbang secara memadai dan menabrak pagar pembatas bandara hingga menabrak rumah kosong. Insiden memilukan ini merenggut nyawa 22 penumpang yang di antaranya adalah pemain MU, staf kepelatihan, serta wartawan dan jurnalis. Sementara sang pilot dan pelatih MU Sir Matt Busby mengalami luka parah

Peristiwa ini tentu menjadi berita duka bagi seluruh insan sepak bola sehingga untuk mengenang dan menghormati tragedi ini, didirikanlah beberapa monumen yaitu :

a. Plakat 1958

Plakat ini terletak di atas pintu masuk stadion Old Trafford yang didesain seperti lapangan bola dengan tulisan nama nama korban dari tragedi Munich itu. Pertama kali diresmikan oleh sang pelatih legendaris MU Sir Matt Busby pada 25 Februari 1960

b. The Munich Tunnel (Terowongan Munich)

Terowongan ini dibuat oleh pihak Setan Merah untuk mengenang 50 tahun tragedi Munich tepatnya pada tahun 2008. Saat kita menyusuri terowongan ini maka kita akan disuguhkan dengan perjalanan historis awal berdirinya Manchester United hingga merajai Liga Inggris, keterpurukan akibat tragedi Munich, hingga akhrinya bangkit kembali sebagai klub besar bermental juara yang mendominasi Inggris dan Eropa.

Bajuri Joni