Liburan Menyenangkan di Sawah Terasering Tegalalang

Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh orang Indonesia maupun luar negeri adalah pulau Bali. Bagaimana tidak, pulau Bali memiliki keindahan tersendiri, disamping pantai yang begitu menyegarkan mata, dan tempat-tempat wisata yang masih alami, seperti tanah Lot, Pantai Kuta, pantai Pandawa, dan lain-lain.

Namun selain pantai, juga terdapat nuansa keindahan alam yang tidak kalah menyejukkan mata, yaitu, Sawah Terasering Tegalalang Ubud. Saat libur lebaran tahun 2019, saya bersama teman-teman mengungjungi pulau Bali.

Dengan mengendarai mobil pribadi, kami berkeliling di pulau Bali. Salah satu teman saya bekerja di perusahaan tour and travel, sehingga dia menyiapkan liburan murah, hemat, dan menyenangkan.

Hari pertama kami mengunjungi desa Ubud, dan destinasi wisata pertama kami adalah Sawah Terasering Tegalalang Ubud. Sore hari pemandangan begitu menyegarkan mata, bagaimana tidak, matahari yang mulai terbenam, dan tiupan angin sepoi-sepoi yang menggoyangkan rumput, menyejukkan jiwa, dan menghilangkan kepenatan yang ada di kepala.

Rasa suntuk ketika bekerja, dan kelelahan jiwa karena tekanan hidup terlupakan dalam sekejap.

Matahari mulai terbenam, dan aktivitas di Ubud mulai berkurang, kami memutuskan untuk makan malan di rumah makan yang pemandangannya menghadap sawah-sawah. Teman saya memesan spageti, sedangkan saya pisang goring dengan es krim, dan yang lainnya hanya minuman saja.

Meskipun porsi yang kami pesan tidak banyak, tetapi makan malam sambil melihat pemandangan sungguh menyenangkan bagi saya. Bagaimana tidak, jika setiap hari saya makan hanya dengan pemandangan televise atau layah handphone, kali ini pemandangan alam membuat perut saya terasa kenyang dan dapat menyantap camilan dengan sangat nikmat sekali.

Tidak puas dengan pemandangan yang dilihat sore hari, kami sengaja menginap di hotel daerah Ubud agar besok kami dapat bangun pagi dan menjelajahi Tegalalang. Pemandangan pagi hari di Tegalalang Ubud juga tidak kalah menyenangkan, bagaimana tidak, sinar matahari pagi menutrisi kulit kami, dan udara yang sejuk, membuat paru-paru bisa bernafas dengan lebih baik.

Karena ingin mengabadikan pemandangan tersebut, kita berencana foto-foto, dan saya mengakui untuk mendapatkan foto yang bagus dan posisi yang baik, ada pengorbanan yang dilakukan, yaitu turun ke sawah-sawah, melewati padi, tanah yang masih basah terkena embun, agar mendapatkan pemandangan yang pas.

Selain itu Tegalalang Ubud juga sangat cocok untuk berolahraga, mengitari sawah tersebut membutuhkan waktu yang tidak pendek juga, karena saya dan teman saya adalah orang-orang yang terbiasa hidup di kota, jarang jalan dan lebih banyak duduk di kantor, maka olahraga pagi itu cukup membuat kami lelah dan nafas terenggah-enggah. Sebuah petualangan yang sangat menyenangkan di tempat tersebut.