Shopee Liga 1 Memasuki Babak Baru

Shopee Liga 1 Memasuki Babak Baru

Sepak bola liga kasta teratas di negeri ini kembali digelar dengan sponsor tunggal Shopee, maka Liga 1 kali ini (2020-21) disebut dengan: Shopee Liga 1.

Ada yang menarik dalam Shopee Liga 1 ini, karena ada 5 (lima) pemain asing yang direkrut oleh tiga tim peserta Shopee Liga 1, yaitu Arema FC, merekrut Pedro Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Giherle Correa Grillo. Persija Jakarta merekrut Thiago Apolina Pereira serta Maike Henrique Irine de Lima. Sedang Madura United merekrut Robert Junior Rodrigues Santos.

Kelima pemain itu semua berasal dari Brasil dan masih berusia belasan tahun. Tentu ini boleh dibilang sebagai babak baru, karena biasanya pemain-pemain yang direkrut oleh Tim-Tim peserta Liga 1 usianya selalu di atas 20 tahun, atau pemain yang sudah “pensiun” dari Liga-Liga Papan Atas di daratan Eropa seperti Michael Essien, warga negara Ghana yang pernah bermain di Liga Inggris, Chelsea dan Roger Mila, warga negara Kamerun yang pernah bermain di Liga Prancis, As Monaco.

Shopee Liga 1 Bikin Heboh

Karuan saja direkrutnya lima pemain muda dari Brasil dalam Shope Liga 1 ini membuat dunia sepak bola di tanah air sedikit heboh. Apalagi waktunya berdekatan dengan Piala Dunia U20 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Maka merebaklah isu, bahwa kelima pemain muda asal Brasil itu akan dinaturalisasi untuk memperkuat Tim Nasional U20 kita yang akan ikut berlaga di ajang Piala Dunia U20 itu.

Tapi isu miring itu langsung ditepis oleh ketiga klub peserta yang merekrut kelima pemain muda asal Brasil itu—Arema FC, Persija Jakarta dan Madura United—dengan dalih, perekrutan itu untuk investasi jangka panjang. Dalih ini memang masuk logika, tapi isu naturalisasi itu juga tidak bisa ditepis. Kita tunggu saja, apakah naturalisasi itu nantinya benar-benar dilaksanakan oleh PSSI? Yang jelas, aturan FIFA tidak memungkinkan untuk hal itu.

Shopee Liga 1 Bakal Lebih Seru

Tapi terlepas dari jadi atau tidaknya kelima pemain muda asal Brasil itu dinaturalisasi, yang pasti, Shopee Liga 1 nanti akan berlangsung seru dan sangat ketat, karena 18 Tim yang terdaftar semuanya telah bebenah. Hal ini tentu membuat Bali United sebagai Juara di Musim Kompetisi tahun lalu (2019), harus berjuang akstra keras bila ingin mempertahakan Mahkota Juara itu.

Yang juga menarik dan perlu dicermati dalam Shopee Liga 1 kali ini, masuknya tiga Tim yang dipromosikan dari Liga 2 -2019, yaitu Persik, Persita, dan Persiraja, menggantikan Badak Lampung, Kalteng Putra dan Semen Padang yang turun ke Liga 2 -2020-21. Mampukah ketiga Tim debutan itu meraih point yang tinggi dalam kompetisi kali ini dan bisa keluar sebagai juara? Kita tunggu saja.

Bajuri Joni