Tips Jitu Membuat Artikel Berita yang Diminati Pembaca

Tips Jitu Membuat Artikel Berita yang Diminati Pembaca

Membuat artikel berita menarik pengguna internet untuk melakukan klik memang bisa dikatakan tidak semudah kelihatannya. Beberapa waktu belakangan ini, pengguna internet sudah mulai berhati-hati dalam memilih berita yang mereka baca dan melakukan klik. Padahal, sebagai pemilik website, tentu saja kita ingin memiliki banyak pengunjung.

Pada dasarnya, pembuatan artikel jenis ini tidak sesulit kelihatannya. Asalkan memiliki formula tepat, pembaca akan berbondong-bondong mengunjungi website kita. Anda hanya perlu meramu tulisan yang membuat pembaca menjadi betah. Semakin lama pembaca bertahan membaca berita, artikel dianggap relevan.

Agar pembaca bisa bertahan lama membaca artikel, Anda bisa membuat konten panjang, namun hindari sekedar membuat berita panjang, artikel juga harus membuat betah, karena tidak mungkin ada orang bertahan membaca tulisan panjang namun membosankan. Beda dengan berita menarik, walaupun panjang mereka akan menyusuri setiap kalimat.

Kemudian, agar semakin mendukung banyaknya pembaca yang membaca artikel Anda, jangan lupa memudahkan proses share. Anda dapat menyediakan fasilitas jasa penulis content jogjakarta yang memudahkan proses share. Pastikan pembaca tidak perlu melakukan copy paste URL hanya untuk melakukan share. Selain itu ada beberapa tips untuk membuat artikel yang dapat Anda ikuti.

Buat Headline yang Mampu Menarik Perhatian

Keputusan seseorang untuk membaca sebuah konten atau melewatkannya berlangsung begitu singkat, bahkan bisa dalam hitungan detik. Oleh sebab itu, ketika membuat artikel berita, jangan lupa memberikan headline menarik. Headline menjadi pintu utama yang mampu menarik perhatian calon pembaca.

Headline bisa dikatakan sebagai perwakilan konten, headline bisa membuat pembaca tertarik pada sebuah artikel atau malah meninggalkannya. Serinci dan semenarik apapun berita yang Anda buat, jika tidak memiliki headline menarik, hal tersebut akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu, coba pelajari teknik pembuatan headline terlebih dulu.

Gunakan Pilihan Kata yang Pas untuk Headline

Ketika membuat headline, Anda dapat menemukan gaya headline paling tepat. Tetapi, hal ini saja belum cukup, karena kata-kata di dalam headline harus dipilih secara hati-hati. Pembaca hanya mempunyai waktu beberapa detik untuk memutuskan apakah akan membaca konten atau tidak.

Penulis harus bisa merebut hati pembaca dalam tempo singkat ini. Ciptakan headline menarik dan memiliki daya magnetik tinggi. Pembaca biasanya melakukan screening begitu singkat serta jarang mengklik tautan satu demi satu. Sehingga, buat headline berita yang dapat menyihir mata pembaca ketika mereka mulai membuka tab.

Hindari Menulis Hoax

Berita yang berkaitan dengan hal-hal berbau kontroversial harus diakui memang mempunyai daya pikat begitu tinggi. Tetapi, jangan sampai Anda tergoda dan menulis hoax. Tak hanya dapat merugikan orang lain, membuat artikel berita bohong juga dapat menurunkan reputasi website Anda di media internet.

Visualkan dengan Infografis

Berita yang disisipi dengan gambar, statistik atau video pada dasarnya lebih disukai oleh pembaca. Gambar dan video menarik ini dapat menguatkan karakter serta meningkatkan efek dramatis artikel Anda. Tak hanya gambar atau video, infografis juga bisa membuat pembaca semakin tertarik.

Berita yang disisipi dengan infografis nyatanya memiliki jumlah share yang cukup tinggi. Adanya infografis juga semakin memudahkan pembaca untuk semakin mencerna informasi panjang secara ringkas. Tidak perlu semua berita disisipi dengan infografis, Anda bisa membuat infografis untuk beberapa artikel saja.

Setelah menulis konten menarik dan sesuai dengan fakta, Anda bisa memposting kemudian mempromosikan artikel tersebut dalam waktu tepat. Waktu yang bisa dipilih untuk mempublikasikan konten dapat mempengaruhi jumlah pembaca. Waktu yang tepat untuk memposting tulisan bisa pada pagi hari. Jadi, bukan hanya teknik membuat artikel berita saja yang harus diperhatikan.

Bajuri Joni