Wisata Sejarah di Malang Jangan Dilewatkan Kota Singosari

Wisata Sejarah di Malang Jangan Dilewatkan Kota Singosari

Wisata Sejarah di Malang, tak kalah menariknya dengan Wisata Sejarah di tempat-tempat lain yang ada di negeri ini. Karena memang cukup banyak tempat-tempat yang bersejarah di Malang. Dan salah satunya yang wajib Anda kunjungi adalah Kota Singosari.

Singosari memang hanya sebuah kota kecil, kota kecamatan. Tapi kita tahu, dulu Kerajaan Singosari adalah kerajaan yang cukup besar dan kesohor dengan rajanya yang sangat legendaris Ken Arok serta permaisurinya yang terkenal karena kecantikannya, Kendedes.

Dan di Singosari inilah terdapat beberapa jejak peninggalan Kerajaan Singosari itu. Kota Singosari memang Pesona Wisata Sejarah di Malang yang jangan sampai Anda lewatkan.

Candi Singosari Pesona Wisata Sejarah di Malang yang Utama

Inilah candi terbesar yang ada di Kota Malang. Dengan tinggi kurang lebih 5 (lima) meter, Candi Singosari memang bukan candi yang besar. Tapi konon kabarnya, di candi inilah tempat disimpannya abu dari jenasah para raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Singosari.

Dan yang menarik, banyak patung-patung kecil di seputar Candi Singosari itu. Bahkan konon kabarnya pula, patung Pradnja Paramita alias patung Kendedes yang kesohor itu (yang sekarang ada di Museum Gajah di Jakarta), diambil dari Candi Singiosari ini.

Tidak hanya sampai di sini Pesona Wisata Sejarah di Malang, Kota Singosari masih memberi pesona yang lain, yaitu patung Dwipala yang besar. Patung ini hanya berjarak kira-kira tiga ratus meter dari Candi Singosari.

Dan bila Anda masih bersedia melanjutkan perjalanan lebih jauh lagi, Anda akan samapi di Permandian Kendedes. Pemandian Kendesdes memang hanyalah kolam renang biasa, yang bisa Anda jumpai di mana pun di negeri ini.

Tapi mengingat sebelum sampai di Pemandian Kendedes ada Candi Singosari dan Patung Dwipala yang besar itu, mungkinkah Pemandian Kendedes itu dulunya merupakan tempat mandinya para Permaisuri Kerajaan Singosari? Sampai saat ini tak ada penjelasan tentang hal ini.

Sumberawan Pelengkap Wisata Sejarah di Malang

Ya, belum lengkap Wisata Sejarah di Malang, bila Anda belum mengunjungi Sumberawan. Walau masih masuk wilayah Kota Kecamatan Singosari, tapi Sumberawan terletak di kaki Gunung Arjuno. Di Sumberawan ada sumber mata air yang besar, yang dulu konon kabarnya, dipergunakan untuk tempat mandinya para Dayang-Dayang Kerajaan Singosari.

Cerita ini kemungkinan besar adalah benar, karena di Sumberawan ada sebuah candi kecil—yang menurut juru kuncinya—ini adalah candi peninggalan Kerajaan Singosari.

Sumberawan sekarang memang lebih menarik, karena Pemda Singosari telah menata Sumberawan sedimikian rupa, sehingga Sumberawan menjadi tempat wisata yang pantas untuk dikunjungi. Selain itu mata air yang besar yang ada di Sumberawan sekarang dipergunakan oleh PDAM untuk menyuplai air bersih ke seluruh warga yang ada Kota Kecamatan Singosari.

Candi Singosari, Patung Besar Dwipala dan Candi Sumberawan telah ada sejak abad ke13. Karena itu Anda harus mengunjunginya bila Anda melakukan Wisata Sejarah di Malang.

Bajuri Joni